Laman

Waroeng Semawis



Akhir minggu penuh warna bersama keluarga

Buka setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu malam disepanjang jalan Gang Warung, Pecinan - Semarang, Waroeng Semawis menyajikan beraneka ragam hidangan yang bisa anda pilih bersama keluarga mulai dari pisang plenet khas Semarang, kue serabi, aneka sate, bubur kacang hingga menu - menu steamboat yang menarik untuk dicicipi.

Pusat jajan terpanjang di Semarang ini buka mulai jam 6 sore hingga tengah malam. Siapkan payung pada musim hujan, sebagian besar tempat makan berada ditempat terbuka.

Pisang Plenet khas Semarang

Dibuat dari buah pisang kepok putih yang dibakar diatas arang, lalu setelah matang, buah pisang dipres menggunakan dua keping papan kayu hingga pipih. Pisang yang sudah pipih itu kemudian diolesi mentega, selai nanas dan gula pasir halus sebelum dibakar lagi sesaat untuk melumerkan mentega. Hidangan khas Semarang ini umumnya dijual oleh pedagang yang sudah puluhan tahun di jalan Pemuda (depan Pasaraya Sriratu) dan jalan Gajahmada (seberang Hotel Quirin), tapi anda juga dapat menemukan hidangan unik tersebut di Waroeng Semawis.

Aneka Bubur Kacang

Tertarik menikmati bubur kacang hijau atau kacang tanah yang hangat dan gurih itu ? Ada sebuah warung yang sangat terkenal dikalangan masyarakat pecinan di Semarang yang setiap malam menyajikan beraneka bubur tersebut di jalan Gang Warung. Mereka juga menyajikan wedang ronde dan beraneka jajanan untuk memuaskan rasa lapar anda sekeluarga. Jika anda berkunjung ke Waroeng Semawis, jangan lupa untuk mampir di warung sederhana tersebut.

Aha ! Es Conglik !

Pernah mencicipi es puter ? Es puter dibuat dengan meletakkan adonan santan kelapa didalam drum dari logam yang direndam didalam ember penuh pecahan es batu dan garam kasar sambil diputar - putar hingga santan membeku menjadi es yang gurih dan sedap. Dari situlah namanya kemudian dikenal menjadi es puter. Umumnya es puter diberi perasa dari buah asli seperti durian, sirsat, jeruk, blewah dan lain - lain. Es Conglik adalah salah satu legenda es puter khas Semarang yang setiap malam menggelar dagangannya di jalan Gang Warung.
Waroeng Semawis terletak di jalan Gang Warung, untuk menuju kesana, ada beberapa jalan yang bisa dipilih. Dari jalan Gajahmada, dapat masuk lewat jalan Wotgandul Barat > Plampitan > Kranggan > parkir di jalan Beteng. Dari jalan Gajahmada juga dapat masuk langsung ke jalan Kranggan lewat perempatan Depok. Jalur lain adalah lewat Pasar Johar atau Jurnatan, masuk lewat jalan Pekojan > parkir di jalan Gang Pinggir. Setiap akhir minggu malam saat Waroeng Semawis digelar, beberapa jalan di Pecinan ditutup salah satu ujungnya, yaitu jalan Gang Besen, Gang Tengah, Gambiran, Gang Belakang dan Gang Baru. Jalan - jalan tersebut dapat digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung Waroeng Semawis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar